Want to do Business Online? click here alone, Surely Succeed!

Please search for information by clicking the table below!

Premium WordPress Themes

S is t e m P a s a r

Permintaan
 Permintaan: menunjukkan jumlah produk yang diinginkan dan mampu dibeli konsumen pada berbagai kemungkinan harga selama jangka waktu tertentu, dan hal lain diasumsikan tetap
 Hukum permintaan: jumlah produk yang diminta dalam suatu periode waktu tertentu akan berubah berlawanan dengan harganya, jika hal lain diasumsikan tetap
 Kurva permintaan: kurva yg menunjukkan jml produk tertentu yg diminta pd berbagai kemungkinan tkt hrg selama periode wkt tertentu, hal lain dianggap konstan
 Efek Subsitusi: Bila harga suatu produk turun, konsumen akan mensubtitusikan dengan produk lain yang harganya menjadi relatif lebih mahal
 Pendapatan riil: pendapatan yg diukur dengan apa yang dapat dibeli
 Efek pendapatan: penurunan harga suatu produk meningkatkan pendapatan riil konsumen, shg konsumen lebih mampu membeli brg; utk brg normal, jml yg diminta akan naik

PERUBAHAN PERMINTAAN
Variabel yg dpt mempengaruhi perubahan permintaan
• Pendapatan konsumen
• Harga produk yg berkaitan
• Ekspektasi konsumen
• Jumlah dan komposisi konsumen di pasar
• Selera konsumen

Jenis Produk
 Barang normal: brg yg akan mengalami Kenaikan permintaan bila pendapatan
konsumen naik
 Barang inferior: brg yg akan mengalami penurunan permintaan bila pendapatan
konsumen naik
 Barang substitusi: brg yg akan mengalami kenaikan permintaan bila harga barang yg
lain naik
 Barang komplemen: brg yg akan mengalami penurunan permintaan bila hrg brg yg lain
naik
Penawaran: hubungan antara harga dan jml brg yg ditawarkan
Hukum penawaran: bhw jml yg ditawarkan biasanya berhub lsg dg hrgnya, hal lain
diasumsikan tetap
Kurva penawaran: kurva yg menunjukkan jml produk tertentu yg dijual pd berbagai kemungkinan tkt hrg selama periode wkt tertentu, hal lain dianggap konstan

PERUBAHAN PENAWARAN
Penawaran
Faktor-faktor yg mempengaruhi penawaran:
2. Tkt teknologi
3. Hrg smb daya yg relevan
4. Hrg brg alternatif
5. Ekspektasi produsen
6. Jml produsen di pasar

Permintaan & Penawaran menciptakan pasar
 Biaya transaksi dari pertukaran: biaya wkt dan informasi yg diperlukan untuk pertukaran
 Surplus: kelebihan jml yg ditawarkan dibanding jml yg diminta pd tkt hrg tertentu;
surplus mendorong hrg utk bergerak ke bawah
 Defisit: kelebihan jml yg diminta dibanding jml yg ditawarkan pd tkt hrg tertentu; deficit mendorong hrg utk bergerak ke atas
 Keseimbangan: keinginan pembeli dan penjual tlh seimbang, shg tdk ada tekanan
atas perubahan hrg atau jml brg Naik

Ekuilibrium
Disekulibrium: biasanya bersifat sementara saja pada saat pasar sedang menuju ekuilibrium
Floor Price: batas harga minimum yg sah atas penjualan suatu brg. Agar efektif floor price ditetapkan di atas hrg ekuilibrium
Ceiling Price: bts hrg max yg sah atas penjualan suatu brg. Agar efektif ceiling price ditetapkan di bawah hrg ekuilibrium

0 komentar:

Posting Komentar

Order Online at Amazon.com, Click here!

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement